Pages

Tuesday, August 4, 2020

An Overview About Self-Care

    Pengertian self-care menurut WHO adalah sebuah kemampuan oleh individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, mempertahankan kesehatan dan untuk mengatasi penyakit dan disabilitas dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan. Weits, kedengarannya kayak rumit banget, ya? Lebih simpelnya, menurut opiniku self-care adalah sebuah usaha bagaimana kita merawat diri kita sendiri baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

Mungkin masih banyak yang kurang aware mengenai betapa pentingnya menyempatkan waktu setiap harinya untuk melakukan self-care, khususnya di tengah masa-masa sulit seperti saat ini yang bikin kita anxious. Self-care nggak harus selalu sesuatu yang besar dan membutuhkan banyak biaya seperti liburan keluar kota atau berbelanja di mall. Kita juga bisa melakukan self-care di rumah, terutama jika kita nggak memiliki waktu luang yang banyak.

Kegiatan self-care bagi masing-masing orang juga bisa berbeda-beda. Seperti Sophie dalam buku Sweet Misfortune yang senang menghabiskan waktu dengan membuat cokelat atau Anjani dalam buku Fly Him to The Moon yang selalu menyempatkan diri untuk mencuci mobil tiap kali dia merasa resah dan banyak pikiran karena hal itu bisa membuatnya merasa lebih baik. Aku sendiri juga punya seorang teman yang suka banget ngeberesin kamarnya agar selalu terlihat rapi karena bagi dia itu membuatnya nyaman. Menurutku apapun kegiatannya, selama itu membuat kita merasa lebih baik dan lebih rileks, maka bisa dikategorikan sebagai self-care.

Kalau kamu masih bingung apa aja kegiatan self-care yang bisa dilakukan di rumah, here let me give you some reference. Kalian bisa baca di artikel ini untuk 50 daily self-care ideas.

Cr. Pinterest Blue Scooter Press

Beberapa hari yang lalu aku nggak sengaja nemuin video ini di beranda Youtube. And damn, nontonnya aja bikin aku rileks berasa kepalaku yang dipijitin ≥__≤ Di video itu dia ngajarin kita gimana caranya mencuci rambut a.k.a keramas dengan benar. Ternyata sambil keramas kita juga bisa memijat kulit kepala kita supaya lebih fresh, khususnya ketika kita sedang merasa kelelahan. Kalian juga bisa cek video dari Chahong lainnya karena dia sering share video-video mengenai cara merawat rambut dan berbagai hair style kekinian yang bisa kalian cobain kalau bosen sama model rambut yang itu-itu aja :D

Another video recommendation from me is from Yuzu. Sayangnya di video yang itu belum ada subtitle Inggrisnya. Tapi karena aku emang suka sama suaranya yang lembut dan enak buat didengerin, jadi aku tetep nonton videonya sampai habis walaupun nggak ngerti dia ngomong apa hahaha.. Di video Get Unready With Me tersebut, dia nggak cuma nunjukin gimana cara dia bersihin make up dan skincare apa aja yang dia pakai, tapi dia juga nunjukin kegiatannya di rumah setelah seharian beraktivitas seperti minum teh hangat sambil mengisi planner, baca buku, nonton drama di Netflix, main sama anjing peliharaannya, sampai nyemprotin aroma terapi sebelum tidur yang aku yakin pasti bikin rileks banget. Dari kegiatannya itu bisa dicontoh sebagai self-care ideas setelah lelah seharian beraktivitas dan bersiap untuk tidur yang tentunya bikin tidur menjadi lebih berkualitas kalau kita lebih rileks.

Another tip from me, menurutku salah satu kegiatan self-care paling penting adalah menuliskan unek-unek yang ada di kepala kita. Trust me, daripada cuma sekadar mikirin hal itu terus-menerus dan saat kita mencoba untuk merangkai dan menuliskannya itu rasanya beda banget. Kalau cuma dipikirin terus tuh selain bikin pusing, tapi seringkali juga kurang solutif karena ruwet aja di kepala, membuat kita sulit untuk menemukan titik permasalahannya. Berbeda kalau kita menuliskannya. Kita akan jadi lebih mudah mengusut masalahnya dan bisa memikirkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Aku sangat sangat merekomendasikan untuk selalu menyempatkan waktu menulis unek-unek di kepala seperti ini, terutama kalau ngerasa sulit untuk menceritakannya kepada orang lain.

Terakhir, aku ingin menekankan sekali lagi kalau self-care itu penting banget nget nget dan sama sekali nggak egois. Lakukan secara rutin meskipun cuma sekadar beberapa menit aja. Taking care of yourself is never wrong.

4 comments:

  1. Kadang karena terlalu sibuk kita jadi lupa sama diri sendiri ya. Saya juga lebih senang menulis unek-unek di buku karena abis itu tuh rasanya plong banget....
    Mungkin saya juga mau coba self care dengan minum coklat panas sambil dengerin musik yang lembut😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak saya juga senang nulis unek-unek di buku, makanya saya bilang itu salah satu self-care yang penting karena rasanya lega banget kalo habis nulis. Kayak keangkat aja beban pikirannya.
      Wah, boleh juga tuh saya ikutin ahaha ^^

      Delete
  2. Kadang terlalu merhatiin orang lain jadinya lupa merhatiin diri sendiri, hehe..

    Aku kalo lagi galau sih bisa jadi 2 puisi mungkin, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, perhatian sama orang lain boleh tapi jangan lupa buat nyenengin diri sendiri juga ^^
      Eh, keren tuh. Galaunya malah bikin produktif ya jadi menghasilkan karya wkwk

      Delete

Announcement!!

  Terima kasih buat semua yang udah menyempatkan waktu buat mampir dan baca artikel di blog ini selama ini. It’s means a lot for me! Sebag...