Pages

Monday, July 27, 2020

Books That Warm My Heart When Reading It


Kali ini aku pengen share mengenai buku-buku yang rasanya menghangatkan hati waktu aku lagi baca buku tersebut. Apalagi dengan cuaca yang dingin banget belakangan ini, maybe you can warm your body by reading this books ;D
1.       Aristotle and Dante Discover the Secrets of the Universe

Ini buku yang baru banget aku baca belakangan ini, and I love it so much!! Bukunya ringan banget dan bahasa Inggrisnya juga mudah untuk dipahami. Recommended buat yang pengen mulai coba baca buku bahasa Inggris. Buku ini bercerita mengenai Ari dan Dante. Dua anak laki-laki yang merasa they belong nowhere in this world. Mereka semakin akrab setelah pertemuan pertama mereka di kolam renang. And when I said this book warm my heart is about the development of Ari and his parents relationship.
Ayah Ari adalah veteran perang di Vietnam dan sekarang bekerja sebagai tukang pos. Beliau nggak banyak bicara sehingga Ari nggak begitu akrab dan mengerti tentangnya. Ketika Ari kecil, kakak laki-lakinya dijebloskan ke dalam penjara dan sejak saat itu orang tuanya nggak pernah membicarakan tentang kakak laki-lakinya lagi. Bahkan nggak ada foto kakaknya di antara foto-foto keluarga di rumah. Eksistensinya seakan-akan hilang gitu aja dan Ari nggak tau alasannya apa. Tiap kali Ari mencoba membahas mengenai kakak laki-lakinya, orang tuanya akan kesal dan itu membuat Ari semakin frustasi.
Tapi perlahan, both of them, baik Ari maupun kedua orang tuanya mencoba untuk saling membuka diri dan memahami satu sama lain. Suka banget sama proses dalam memperbaiki hubungan keluarganya. Dari buku ini, sekali lagi aku belajar kalau komunikasi memang sepenting itu. Pikiran orang tua untuk nggak melibatkan anak dalam masalah keluarga ternyata nggak sepenuhnya benar. Justru sang  anak akan semakin bertanya-tanya dan jadi bingung, yang nantinya dapat berujung pada banyak hal lain yang bikin hubungan keluargnya semakin longgar. Anyway, buku ini berisi topik mengenai LGBT (in case ada yang nggak nyaman dengan topik tersebut).

2.     Dear Tomorrow: Notes to My Future Self

I’ve mentioned this book for hundred times on my blog. Mungkin yang pernah baca artikel-artikel di blogku sampai bosen, buku ini lagi buku ini lagi ahaha.. I’m sorry, but its because I love it that much. Mengenai isi bukunya, aku udah pernah membahas sebelumnya di sini.
Buku ini bikin nyaman dan tentram banget waktu dibaca karena pesan-pesan yang disampaikan oleh Maudy sangat relate sama kehidupan kita sehari-hari. Well, you’ll just know how this book warm your heart when you start reading it.

3.       If I Stay

I’ve read this book when I was in senior high school, tapi aku masih cukup ingat sama garis besar ceritanya. Buku ini menceritakan mengenai Mia, seorang gadis yang memiliki segalanya; keluarga yang menyayanginya, kekasih yang memujanya, dan masa depan cerah penuh musik serta pilihan. Namun suatu hari ketika ia sedang berkendara dengan keluarganya, mereka mengalami kecelakaan. Ayah dan ibunya meninggal di lokasi kejadian, sedangkan adiknya tidak sadarkan diri dan meninggal saat dibawa ke rumah sakit. Tubuh Mia sendiri koma, namun jiwa Mia berkelana, dihadapkan pada pilihan sulit antara kembali pada tubuhnya dan melanjutkan hidup tanpa keluarga, atau mengikuti keluarganya yang telah meninggal mendahuluinya.
Selama ia koma, Mia mengingat-ingat kembali kenangan masa lalunya, mengenai keluarganya−ayah, ibu dan Teddy, mengenai kakek dan neneknya, mengenai kekasihnya−Adam, dan mengenai kecintaannya akan alat musik selo. That flashes back story of Mia’s early life really warm my heart.

 4.       Waktu Aku Sama Mika

Buku yang satu ini berisi tulisan-tulisan pendek Indi, seorang gadis yang memiliki kelainan tulang belakang sejak lahir mengenai kekasihnya−Mika. Mika adalah seorang pengidap HIV/AIDS. Namun bagi Indi, Mika adalah pahlawannya. Walaupun banyak orang menentang hubungannya dan mengatakan kalau ia bodoh karena mau berpacaran dengan Mika, tapi itu tidak merubah apa-apa. Mika tetap menjadi orang paling spesial bagi Indi yang telah mengajarkan banyak hal kepadanya, seseorang yang membantunya berlari meskipun dokter mengatakan itu sesuatu hal yang mustahil, seseorang yang memberikannya malaikat melalui teman-teman Mika yang selalu melindunginya,
Membaca buku ini terasa seperti membaca buku diary, dan semakin berkesan di hati karena ditulis berdasarkan dari kisah nyata.

5.     Last Game (komik/manga)

Buku ini merupakan salah satu buku komik paling manis yang pernah aku baca seumur hidup. >__< Komik ini bercerita mengenai Yanagi, anak laki-laki kaya, pintar, dan populer yang selalu mendapat peringkat 1 di kelas, well, sebelum Kujou menyerang (nggak ding xD), maksudnya sebelum Kujou pindah ke sekolahnya. Kujou adalah gadis miskin yang pendiam. Karena ibunya adalah orang tua tunggal, sehari-hari Kujou hanya fokus untuk belajar dan bekerja sampingan agar tidak merepotkan dan membuat ibunya khawatir (yang sebenarnya justru membuat ibunya khawatir karena tahu kalau Kujou tidak memiliki banyak teman).
Komik ini udah cukup lama aku bacanya, jadi maaf kalau aku agak lupa sama detail ceritanya. Yang aku ingat, mereka selalu satu sekolah sejak kepindahan Kujou sewaktu SD itu sampai mereka kuliah di universitas. Namun selama itu, Kujou nggak benar-benar ingat sama eksistensi Yanagi, padahal selama ini Yanagi selalu menganggap kalau mereka adalah rival *poor him*. Mereka mulai dekat sejak kuliah khususnya karena berada dalam satu klub yang sama.
And this is what I love the most from this book, because Yanagi helps Kujou a lot to socialize with people. Dari awalnya Kujou yang nggak punya teman sama sekali, sampai akhirnya dia memiliki banyak teman akrab dan nggak bikin ibunya khawatir lagi. Selama baca komik ini tuh rasanya emosi jadi campur aduk, antara terharu dan terkesan sama dedikasi Yanagi dan character development-nya Kujou, gemes dan geregetan karena Kujou yang nggak peka-peka sama perasaan Yanagi, dan seneng banget waktu baca ending-nya setelah melalui proses yang cukup panjang. :’D I just can’t describe how much I love this comic.

Aku harap buku-buku yang aku sebutkan di atas juga memberikan kesan yang sama pada kalian seperti gimana mereka berkesan banget buat aku. I hope that books can warm your heart too!
Special picture from my favorite couple! ^_^
Cr. Pinterest

1 comment:

  1. Dear Tomorrow dan If I stay, dua buku yang udah aku baca dan aku setuju bahwa isinya bagus dan ceritanya menghangatkan ❤️
    Tulisan Maudy Ayunda di bukunya sangat menginspirasi, aku suka! Tulisannya ringan tapi tetap menginspirasi ☺️
    If I stay ada seri ke2nya juga. Udah baca belum? :D

    ReplyDelete

Announcement!!

  Terima kasih buat semua yang udah menyempatkan waktu buat mampir dan baca artikel di blog ini selama ini. It’s means a lot for me! Sebag...