Pages

Monday, March 23, 2020

Journey of Changing Life: #1 Introduction


Hari ini aku memutuskan untuk menulis mengenai Journey of Changing Life, di mana aku ingin berbagi seputar tips dan juga pemikiran bagaimana kita mengubah hidup menjadi lebih baik. Bukan hal yang mudah untuk memutuskan pilihan ini karena aku sangat sadar aku bukan seorang ahli, aku bukan seseorang yang berasal dari bidang kesehatan maupun psikologi dan aku tidak berpengalaman untuk bisa mengatakan apa yang akan aku tulis nantinya sudah pasti benar dan berhasil. Namun salah satu komentar di Youtube yang aku temukan kemarin yang akhirnya mendorongku untuk memikirkan kembali mengenai hal ini. Komentar itu berbunyi, The fact that’s so many people hate themselves and think that they can’t change.”

Komentar itu juga sedikit banyak mengingatkanku akan ucapan yang pernah dikatakan oleh Suga, I really want to say that everyone in the world is lonely and everyone is sad, and if we know that everyone is suffering and lonely, I hope we can create an environment where we can ask for help, and say things are hard when they’re hard, and say that we miss someone when we miss them.”
Kedua hal di atas yang kemudian membuatku lebih yakin untuk menulis Journey of Changing Life karena aku sangat ingin berbagi dengan orang lain dan meyakinkan kalau mereka tidaklah sendiri. Bagi kalian yang membaca ini sekarang, hei, kalian tidak sendiri. Aku juga, bahkan mungkin ribuan orang di luar sana juga mengalami hal yang sama. Hingga sekarang aku juga masih berjuang untuk mengubah hidupku. Aku pemalas, tidak punya tujuan pasti akan apa yang ingin aku lakukan di masa depan, aku tidak konsisten bahkan amat sangat moody-an, suka makan sembarangan, tidak pernah berolahraga, belakangan jadi lebih malas membaca, malas merawat diri (sampai sering muncul jerawat yang sangat menyebalkan), anime and Netflix 24/7, daaan masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang mungkin akan memakan waktu seharian penuh untuk menyebutkan semuanya. You think you’re screwed up? Dam ma, me too. I really hate myself for being useless as hell.
Aku rasa banyak orang seringkali memiliki kesadaran untuk berubah, tapi tentunya merubah kebiasaan yang sudah kita lakukan selama bertahun-tahun tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan niat yang kuat dan konsistensi untuk secara bertahap merubah hidup kita ke arah yang lebih baik. Dan aku rasa mungkin itu akan terasa lebih mudah jika memiliki orang lain untuk berproses bersama.
Jadi di sini aku ingin berbagi sebagai seorang teman yang menjalani proses yang sama, berusaha mengatur hidup kita menjadi lebih baik. Aku ingin mengingatkan kembali kalau ini tidak akan mudah. Merubah kebiasaan hidup membutuhkan waktu seumur hidup. Di tengah jalan pasti kita akan mengalami kegagalan yang membuat kita berpikir kalau ini tidak akan berhasil, kita tidak akan pernah bisa berubah. But please keep in mind, kegagalan bukan berarti tidak mungkin. Kegagalan adalah hal yang sangat wajar dan yang perlu kita lakukan adalah menarik nafas panjang dan mencobanya lagi, lagi dan lagi tanpa pantang menyerah. Selama kita masih hidup dan bisa bernafas, kita selalu memiliki kesempatan untuk berubah bagaimanapun banyaknya kita telah mengalami kegagalan. So, let’s do it with a small step and don’t be afraid if it didn’t work sometimes. Believe it, if you’re not the only one who feel this way. Everyone find its hard to change. But don’t worry, we will handle this. You and me. J
Sebagai permulaan, tentu kita perlu memiliki niat dan tujuan yang kuat mengapa kita harus berubah. Apa yang membuatmu merasa ingin merubah hidup? Karena kamu benci hidupmu yang terasa berantakan? Karena kamu ingin memiliki healthy life style sehingga membuatmu memiliki banyak kesempatan untuk melakukan hal yang berguna dengan tubuh yang sehat? Karena kamu ingin menjadi lebih produktif? Karena kamu ingin memiliki kebiasaan hidup yang lebih bermanfaat? Apapun itu, pastikan kamu selalu mengingatnya. Jika perlu catat di note atau di mana pun sehingga kamu bisa membacanya kembali dan mengingatkanmu saat nantinya mengalami kegagalan kalau masih ada tujuan yang harus dicapai dan kamu tidak akan pernah menyerah sebelum menggapainya.

Ps. Kalau kamu ingin sharing atau sekedar ngobrol lebih banyak sama aku, please don’t hesitate to hit me up on my twitter or instagram @itsviamoira

1 comment:

  1. Great 💯 Now I have no doubt that we are twins LOL

    ReplyDelete

Announcement!!

  Terima kasih buat semua yang udah menyempatkan waktu buat mampir dan baca artikel di blog ini selama ini. It’s means a lot for me! Sebag...