Pages

Saturday, April 18, 2020

Laut Bercerita


Pasti udah banyak yang tahu mengenai buku yang satu ini karena udah banyaaak banget direkomendasiin orang, dan hari ini aku bakal menjadi salah satu dari mereka yang juga merekomendasikan buku ini untuk dibaca.
            Sebelum membaca buku ini, aku udah nonton video di Youtube channel Menjadi Manusia mengenai tragedi penculikan aktivis pada tahun 1998 lalu. Sebenarnya terdapat beberapa video di channel tersebut yang membahas mengenai hal ini, salah satunya dari perspektif penulis buku Laut Bercerita, Leila S.Chudori.
Buku Laut Bercerita ini memang terinspirasi dari kejadian yang terjadi 22 tahun lalu tersebut, yang hingga kini masih belum mendapat kejelasan pasti dari pemerintah mengenai nasib aktivis-aktivis yang hilang. Selama membaca buku ini, tentu aku turut sedih seiring dengan berjalannya cerita, tapi jujur saja nggak sampai menangis. Namun membaca review-review dari pembaca lain yang juga membaca buku ini, beberapa mengatakan ada yang sampai merasa ‘depressing’ dan di tengah cerita membutuhkan beberapa waktu sejenak untuk akhirnya kembali melanjutkan membaca karena detail-detail mengenai penyiksaan yang dijabarkan di dalam buku. Jadi mungkin buku ini perlu trigger warning untuk yang nggak kuat membaca mengenai kekerasan, bisa pikir-pikir dulu sebelum memutuskan untuk membaca.
Yang paling unik dari buku ini tentu karena mengangkat tema mengenai sejarah yang bahkan nggak diajarkan di bangku sekolah karena mungkin dianggap sebagai aib pemerintahan terdahulu yang berusaha untuk ditutupi. Namun hebatnya, untuk aku yang nggak biasa dan nggak begitu tertarik mengenai sejarah, buku ini tetap bisa dinikmati, nggak ngebosenin dan malah bikin penasaran sampai aku nggak bisa berhenti membaca, dan eh, tau-tau udah selesai aja wkwkwk.
Jadi menurutku buku ini juga bakalan mudah untuk dinikmati oleh banyak orang, sekalipun yang nggak terbiasa dengan genre seperti ini. Namun ingat-ingat trigger warningnya tadi ya, karena benar-benar penyiksaannya dijelaskan dengan cukup mendetail, sehingga mungkin ada yang nggak nyaman buat baca buku ini. Let me know if you’re enjoying this book too! J

No comments:

Post a Comment

Announcement!!

  Terima kasih buat semua yang udah menyempatkan waktu buat mampir dan baca artikel di blog ini selama ini. It’s means a lot for me! Sebag...